:::: MENU ::::

17 Feb 2013

  • 4:44 PM
SISTEM OPERASI
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaliknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamakan pengguna serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

FUNGSI DASAR
Sistem kpomputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat keras, program aplikasi, sistem operasi dan para pengguna. Sistem operasi berguna untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
Untuk menghindari konflik yang terjaid pada saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang mengakses usatu sumber daya.. sistem operasi juga seirng disebut sistem operasi ialah sebagai program pengedali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

TUJUAN MEMPELAJARI SISTEM OPERASI
Tujuan mempelajari sistem operasi agar dapat merancang sendiri serta memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kita, agar dapat memilih alternatif sistem operasi, memaksimalkan penggunaan sistem operasi dan agar konsep dan teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain.

SASARAN SISTEM OPERASI
Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu kenyamanan – membuat pengguanaan komputer menjadi lebih nyaman.

Efisien – penggunaan sumber daya sistem komputer secara efisien, serta

Mampu bervolusi – sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem – sistem yang baru.

SEJARAH OS (1/2)
Perkembangan OS mengikuti perkembangan sistem komputer
  •      Generasi 1 (1945 - 1955)
    Teknologi transmitor program ditulis dlm bahasa mesin. Tidak ada sistem software ataupun OS. Contoh : MANIAC
  •      Generasi 2 (1955-1965)
    Teknologi IC. Program ditulis dalam bahasa tingkat generasi 1 seperti fortran. Bacth system (memiliki beberapa fungsi OS). Contoh : IBM705(BSYS)


A call-to-action text Contact us